Tuesday October 16 , 2018
Text Size
   
image image image image
Perkebunan Di sektor perkebunan, komoditas utama yang dihasilkan oleh Kabupataen Kepulauan Selayar berupa Kelapa Dalam, Jambu Mente, Kemiri, Pala, dan Kenari, Cengkeh. Untuk komoditas kelapa dalam, potensinya tersebar hampir di seluruh kecamatan dengan luas areal mencapai 19.952 Hektar dan produksi kelapa sebesar 27.096,95 ton. Peluang investasi yang
Peternakan Peternakan Sapi tersebar dibeberapa kecamatan di Kabupaten Kepualan Selayar seiring dengan permintaan yang makin meningkat dari tahun ke tahun. Data populasi ternak sapi potong sampai tahun 2016 di Kabupaten Kepulauan Selayar sebesar 18.070 ekor dengan produksi daging 107,591 kg. Kerbau sebesar  4.674 ekor dengan produksi daging 27,240 kg.
Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki potensi yang cukup besar di sektor pertambangan dan sumber daya mineral seperti depot BBM yang berlokasi di Pammatata Kec. Bontomatene. Selain Depot, Pada awal Tahun 2011 akan pula dibangun Kawasan Kilang Minyak yang Investornya berasal dari Taiwan.
Sarana & Prasarana Pendukung Investasi Sarana Perhubungan Guna menunjang perekonomian wilayah yang terus bertumbuh serta memfasilitasi kegiatan investasi ke Kabupaten Kepulauan Selayar, Pemerntah Daerah terus mengembangkan sarana dan prasarana yang ada. Untuk sarana perhubungan darat antar Kabupaten dalam propinsi dilayani setiap hari melalui

oss1                     cloud                   vt2

Beranda

Energi dan Sumber Daya Mineral

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki potensi yang cukup besar di sektor pertambangan dan sumber daya mineral seperti depot BBM yang berlokasi di Pammatata Kec. Bontomatene. Selain Depot, Pada awal Tahun 2011 akan pula dibangun Kawasan Kilang Minyak yang Investornya berasal dari Taiwan.

Pengembangan blok-blok minyak di sekitar Pulau Selayar antara lain Blok Kambuno, Karaeng dan Selayar terus diusahakan oleh pemerintah dengan cara membuka tender-tender kepada para investor untuk mengelola blok minyak tersebut.

Salah satu harapan dalam upaya mendukung pembangunan jangka pendek dan menengah di Kabupaten Kepulauan Selayar adalah Pembangunan Kilang Minyak (Oil refinery).

Keunggulan sektor perminyakan serta logistik yang akan dikembangkan di Kabupaten Kepulauan Selayar, daya tarik utamanya adalah posisi geografis kepulauan ini yang terletak di tengah-tengah Indonesia, diapit oleh 2 (dua) jalur laut kepulauan Indoneisa (ALKI) dan merupakan alur utama pelayaran dari Indonesia barat ke arah Timur serta dikelilingi oleh cekungan-cekungan minyak yang sangat potensial.

Daya tarik tersebut di atas harus dikembangkan secara maksimal agar dapat meningkatkan pembangunan baik dari segi fisik, finansial serta sumberdaya manusia bagi Kabupaten Kepulauan Selayar. Sektor perminyakan serta logistik merupakan salah satu prioritas utama untuk mendukung percepatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar, pada sektor ini peran swasta sangat dominan dalam pelaksanaannya, pemerintah baik pusat maupun daerah akan membantu fasilitas kemudahan yang diinginkan oleh investor. Pada sektor ini terdapat beberapa hal yang penting yaitu:

  1. Sebagai kawasan industri pendukung usaha minyak dan gas di Kawasan Timur
  2. Pembangunan Oil Refinery
  3. Sebagai kawasan pendukung logistik bahan pokok untuk Kawasan Indonesia Timur
  4. Pengembangan blok blok minyak yang ada disekitar kepulauan Selayar sebagai ladang minyak dan gas bumi
  5. Pembangunan bunker BBM non subsidi untuk industri dan bersubsidi untuk kapal penangkap ikan

 

Adapun Potensi Sumber daya dapat kita lihat pada table dibawah ini :

 

No.

Bahan Galian

Jumlah Cadangan/Status

Lokasi

1

Batu gamping

26,6 milyar ton/ Tereka

P. Kalau, P.Kalaotao, P. Madu, P. Bonerate, P.Karumpalompoa, P.Pasi, Batangmata, Gantarang, Tj.Sarung, Tj. Galampang, Timoro Utara, Timoro Selatan, Tj. Apatan

2.

 

Batu Gamping

 

3,080.000 ton/ Terindikasi

Desa Pariangan, Dusun Tulang, Desa Barugala, Dusun Tajula

3.

Fosfat

Fosfat Guano

Fosfat Pelet

 

9.000 ton/Tereka

223.641 ton/Tereka

 

Gua Tajulia, Gua Bahi, Gua Tile-tile

Pulau Karabia

4.

Kalsit

10,8 ton/tereka

Kompleks gua batu gamping Tile-Tile

5.

Lempung

7.475 000 ton/ Terindikasi

Dusun Panggillian, Padang, Kolo-kolo

6.

Granit

34.300.000.000 ton/ Tereka

Dusun Dolo, Bonto Bulaeng, P. Tanamalala, P. Bembe

7.

Trakit

1500.000.000 ton

P. Jampea

8.

Basalt

2.700.000 Ton / Tereka

Dusun Hulu Bonto Paradana, Kec. Bontosikuyu, P. Kayuadi

9.

Pasir Besi

75.790 Ton/ Tereka

P. Jampea, Desa Maminasa dan Desa Dolo

10.

Sirtu

280.500 Ton/Tereka

Beberapa sungai besar yang ada di Kab. Selayar

11.

Nepheline

Syenit

1.030.000 Ton / Tereka

Sekitar Dusun Labuan Mangatti, pulau Jambea

12.

 

Minyak & Gas

 

Belum Tereka

 

Perairan Laut sekitar Kabupaten Kepulauan Selayar.

 

Cuaca Setempat

°
-17°
°F | °C
Humidity: %
No Weather Forecast Available

Top 10 Izin Terbit

Layanan

baganalur